Kamis, 20 Juni 2013

MAKALAH RODA & BAN KELAS X TKR (SMK MIFTAHUL HUDA KADUNGREJO)



Makalah RODA DAN BAN


Roda
adalah obyek berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Contoh umum ditemukan dalam penerapan dalam transportasi.

        
    Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu . Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.




Memahami bagaimana fungsi dari komponen-komponen kendaraan mobil sangatlah penting, seperti yang akan dishare sekarang tentang bagian roda mobil yaitu ban. Sering kita menyebut roda itu adalah ban, tetapi sebenarnya ban itu adalah bagian dari sebuah roda mobil, gini deh secara garis besar apa itu roda ?...nahhh roda yaitu bagian yang menopang kendaraan, yang terdiri dari ban dan pelek,  sudahkan gak kebalik atau gak tertukar lagi mana ban mana roda ? -___- hehe :D

   Kendaraan yang menggunakan ban pneumatik diisi dengan udara bertekanan. Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang berhubungan permukaan jalan. Ban tidak dapat berdiri sendiri pada kendaraan, akan tetapi harus dipasang pada pelek supaya dapat dipergunakan.
    Ban mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.     Menahan seluruh berat kendaraan.
2.     Karena berhubungan dengan permukaan jalan, maka ban akan memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke jalan, dan juga mengontrol start, akselerasi, deselerasi, pengereman dan berbelok.
3.     Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan.


  • Carcass (Cassing)
Carcass merupakan rangka ban yang keras, cukup kuat untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan. Carcass terdiri dari ply (layer) dari tire cord (lembaran anyaman paralel dari bahan yang kuat) yang direkatkan menjadi satu dengan karet. Cord pada ban-ban bus atau truck biasanya dibuat dari nylon atau baja, sedangkan untuk mobil-mobil penumpang kecil biasanya terbuat dari polyester atau nylon.
  • Tread
Tread adalah lapisan karet luar yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan. Ini adalah bagian yang langsung berhubungan dengan permukaan jalan dan menghasilkan tahanan gesek yang memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke permukaan
jalan. Pola tread terdiri dari alur yang terdapat pada permukaan tread, dan dirancang untuk memperbaiki kemampuan ban dalam memindahkan gaya ke permukaan jalan.
  • Sidewall
Sidewall adalah lapisan karet yang menutup bagian samping ban dan melindungi Carcass terhadap kerusakan dari luar. Sebagai bagian ban yang paling besar dan paling fleksibel, sidewall secara terus menerus
melentur di bawah beban yang dipikulnya selama berjalan. Di sidewall tercantum nama pabrik pembuat, ukuran ban, dan informasi lainnya.
  • Breaker
Breaker adalah lapisan yang terletak diantara Carcass dengan Tread yang memperkuat daya rekat keduanya. Breaker meredam kejutan yang timbul dari permukaan jalan ke Carcass dan biasanya digunakan pada ban dengan bias-ply. Ban untuk bus dan truck serta truck ringan menggunakan breaker yang terbuat dari nylon, sedangkan untuk mobil penumpang menggunakan bahan polyester.
  • Belt (Rigid Breaker)
Ini adalah tipe breaker yang digunakan pada ban radial-ply dan diletakkan seperti sarung mengelilingi ban
diantara carcass dan karet tread, untuk menahan Carcass dengan kuat. Ban untuk mobil penumpang menggunakan rigid breaker yang tersusun dari kawat baja, rayon atau polyester, sedangkan untuk bus dan truck menggunakan rigid breaker dari kawat baja.
  • Bead
Untuk mencegah robeknya ban dari rim oleh karena berbagai gaya yang bekerja, sisi bebas atau bagian
samping ply dikelilingi oleh kawat baja yang disebut kawat bead. Udara bertekanan di dalam ban mendorong bead keluar pada rim pelek dan tertahan kuat disana. Bead dilindungi dari kerusakan karena gesekan dengan pelek dengan jalan memberinya lapisan karet keras yang disebut Chafer strip. Konstruksi bead secara lebih rinci dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

1.     Flipper : Pembungkus bead wire yang memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga cocok dengan bentuk ban pada bead (Memakai karet pengisi bead yang berbentuk segitiga).
2.     Bead Toe : Bagian bead sebelah dalam.
3.     Bead Heel : Bagian bead yang kontak dengan pelek pada flens.
4.     Bead Base : Bagian bead yang datar, yang berada diantara bead toe dan bead heel.
5.     Chafer : Lapisan terluar yang membungkus bead untuk mencegah kerusakan karena gesekan dengan pelek.
6.     Bead Wire : Kawat baja yang mengandung kadar karbon tinggi menjamin pemasangan ban ke pelek.


Arti kode-kode pada ban
7.     Kode ban
8.     Dimensi atau ukuran sebuah ban dapat dinyatakan sebagai berikut:" 205 / 55 /ZR16 "
9.     Keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:
10.                        205       : Lebar telapak ban (mm)
11.                        55         : aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
12.                        ZR       : kode limit kecepatan
Kod
Kecepatan (Km/Jam
P
150
Q
160
R
170
S
180
T
190
H
210
V
240
W
270
Y
>300
13.                        16         : diameter velg ( inch )
14.                         
15.                        Kode kecepatan ban Indeks Beban
Kod
Beban Maksimum (Kg)
62
265
63
272
64
280
66
300
68
315
70
335
73
365
75
387
80-89
450-580
90-100
600-800
16.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar